Optimalkan Pelayanan Pendidikan, Pesantren Kauman Tambah Kouta Penerimaan Santri Baru Tingkat MA

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

PADANG PANJANG, majalahelipsis.com—Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang menambah satu rombel jalur reguler penerimaan calon santri baru tahun pelajaran 2024/2025 tingkat Madrasah Aliyah (MA). Hal ini dilakukan sebagai upaya optimalisasi pelayanan pendidikan bagi masyarakat.

“Tambahan kuota satu rombel tingkat MA ini guna mengakomodasi harapan masyarakat yang akan mendaftarkan anaknya ke pesantren ini,” kata Derliana selaku Mudir Pesantren Kauman, Rabu (19/6/2024), di Padang Panjang.

Derliana mengatakan kebijakan penambahan kuota Penerimaam Santri Baru (PSB) jalur reguler ini juga dilakukan sebagai upaya antisipasi terjadinya persoalan seperti pelaksanaan pada tahun lalu.

“Kami reguler tahun lalu hanya 40 persen karena memang banyak problem di sana. Banyak masyarakat menghubungi kami untuk penambahan jalur reguler. Daripada menambah satu atau dua kursi dalam satu rombel lebih baik ditambah satu rombel lagi,” ungkapnya.

Derliana juga berharap implementasi penambahan kouta reguler ini mampu menjadi solusi terhadap pemenuhan hak dasar masyarakat yakni mendapatkan kesempatan pendidikan melalui fasilitas yang dipersembahkan oleh pesantren yang sebentar lagi genap berusia satu abad ini.

“Semoga dengan pemberlakuan penambahan kouta ini nanti proses penerimaan peserta didik tidak lagi menimbulkan persoalan maupun gejolak di masyarakat. PSB berjalan dengan aman dan lancar serta mampu memenuhi hak masyarakat mendapatkan pendidikan layak,” katanya.

Sejalan dengan itu, Rezki, S.Pd. selaku Ketua PSB Pesantren Kauman mengatakan, penambahan kouta juga mempertimbangkan animo masyarakat yang semakin mempercayakan anaknya untuk belajar di pesantren warisan Buya HAMKA ini.

Rezki mengatakan, saat ini Pesantren Kauman telah menutup penerimaan untuk santri Madrasah Tsanawiyah (MTs). Pihaknya berupaya memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan hak yang sama terhadap pendidikan yang berada di bawah naungan persyarikatan Muhammadiyah ini.

Dia menekankan pentingnya menjalankan amanah persyarikatan untuk memberikan pendidikan yang layak dan terbaik bagi masyarakat.

“Saat ini MTs sudah penuh dan MA sudah ada empat rombel. Kmai tambah satu rombel lagi dalam upaya menjawab harapan masyarakat. Mudah-mudahan ini menjadi solusi terbaik bagi masyarakat untuk pendidikan anaknya. Muhammadiyah akan selalu menjadi solutif bagi permasalahan masyarakat dibidang pendidikan,” ucapnya.

Ditambahkannya, untuk penambahan rombel MA ini hanya sampai tanggal 30 Juni 2024 dengan sistem one day servis atau pelayanan satu hari. Artinya, setiap calon santri yang datang akan langsung dites dan hasil tesnya langsung keluar hari itu juga.

“Efisiensi waktu kami berlakukan pelayanan satu hari. Calon santri yang datang langsung diuji dan hasilnya langsung diberikan,” paparnya.

Rezki juga meminta masyarakat maupun media agar bisa membantu menyosialisasikan penambahan kouta PSB ini upaya untuk memberikan pelayan terbaik bagi masyarakat tentang pendidikan.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa penerimaan Santri Baru Pesantren Kauman Muhammadiyah telah resmi ditutup bagi tingkat MTs dan sekarang dengan sistem One Day Service pesantren ini hanya menerima calon santri tingkat MA. (aan)

Editor: Muhammad Subhan

MAJALAH digital elipsis edisi 035, Tahun III, April—Mei 2024, terbit 100 halaman. Terima kasih kepada para penulis/kontributor yang telah mengirim tulisan-tulisan terbaiknya. Dapatkan bundel majalah elipsis dalam format digital maupun versi cetak dengan menghubungi redaksi di nomor WhatsApp: 0856-3029-582. Surel redaksi: majalahelipsis@gmail.com. Kunjungi juga laman www.majalahelipsis.com. Salam elipsis.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download versi aplikasi untuk kenyamanan membaca