Kuatkan Program Literasi, Pontren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang Gelar Workshop Pembuatan Majalah Sekolah

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

PADANG PANJANG, majalahelipsis.com–Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang menggelar Workshop Pembuatan Majalah Sekolah sebagai upaya menguatkan program-program literasi di madrasah bersejarah itu.

Workshop diikuti 30-an peserta terdiri dari pelajar MTs dan MA Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang yang tergabung dalam ekskul Jurnalistik.

Sebagai narasumber hadir Muhammad Subhan, penulis, pegiat literasi, dan founder Sekolah Menulis elipsis yang juga Pimpinan Umum Majalah Digital elipsis.

Januar Efendi, S.Pd., guru pendamping tim jurnalis Pesantren Kauman Padang Panjang. (Foto: Dok. Majalah elipsis)

Pada kesempatan itu Muhammad Subhan berbagi kiat membuat majalah sekolah dan materi dasar-dasar jurnalistik.

Peserta dikenalkan proses pembuatan majalah sekolah, mulai dari pembentukan tim redaksi, pengumpulan bahan dari proses liputan, layout, hingga publikasi.

“Kemudahan teknologi digital hari ini patut disyukuri karena banyak aplikasi pendukung untuk me-layout majalah sekolah,” ujar Muhammad Subhan yang juga mantan wartawan beberapa surat kabar harian di Padang.

Guru pendamping kegiatan itu, Januar Efendi, S.Pd. dalam sambutannya mengatakan, sebelumnya Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang telah memiliki majalah “Cerdas”.

“Namun sempat vakum karena beberapa faktor termasuk di saat zaman pandemi dulu,” ujarnya.

Usai mengikuti materi workshop, seluruh peserta diberi kesempatan menyusun rencana liputan untuk kemudian terjun ke lapangan melakukan proses wawancara dan liputan.

“Banyak peristiwa di sekitar kita dan semua itu berpotensi menjadi sumber berita,” tambah Muhammad Subhan. (aan)

Untuk keterbacaan teks dan tampilan website majalahelipsis.com yang lebih baik, sila unduh aplikasi majalah elipsis di Google Play atau APP Store, tanpa memerlukan login. Kirim naskah ke majalah digital elipsis (ISSN 2797-2135) via email: majalahelipsis@gmail.com. Dapatkan bundel digital majalah elipsis (format PDF 100 halaman) dengan menghubungi redaksi di nomor WhatsApp 0856-3029-582. Ikuti laman media sosial Majalah Elipsis (Facebook) atau @majalahelipsis.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download versi aplikasi untuk kenyamanan membaca